Apa itu MODU itu? MODU itu singkatan dari Mobile Offshore Drilling Unit, unit untuk pengeboran (drilling platform) di lepas pantai yang bisa berpindah tempat. 

Ada dua tipe MODU: tipe mengapung (floating unit) dan tipe yang memiliki kaki penyangga di dasar laut (bottom supported unit). 

1. Bottom Supported Unit

Terdapat dua tipe bottom supported unit. Tipe pertama miliki kaki penyangga dapat diatur daya apungnya. Kaki penyangga akan tenggelam sampai menyentuh dasar laut ketika sampai posisi tujuan. Jenis ini dinamakan submersible platform.

Tipe kedua memiliki mekanisme yang dapat menaik-turunkan kaki penyangga. Ketika sampai ke posisi yang diinginkan kaki penyangga  akan diturunkan sampai menyentuh dasar laut. Jenis ini dinamakan jackup platform

 2. Floating Unit

Adapun untuk yang tipe yang mengapung (floating unit), ada yang punya kaki yang bisa mengapung, mirip dengan submersible, hanya saja saja ketika sampai ke posisi pengeboran, kaki tersebut tidak tenggelam sampai ke dasar. Tapi tetap mengapung. Jenis ini dinamakan semi-submersible platform. Biasanya untuk membantu mempertahankan posisi digunakan jangkar ataupun peralatan navigasi seperti Dynamic Positioning System.

Tipe yang lain adalah dengan menggunakan kapal (drilling ship). Mempertahankan posisi juga dengan Dynamic Positioning System.

Daftar Pustaka:

1. Baker, Ron. “A Primer of Offshore Operations“, PETEX