Di milis Migas Indonesia ada yg memposting mengenai cara belajar efektif di dunia pekerjaan. Berikut email-nya:

Mohon bantuannya untuk sharing mengenai cara belajar yang efektif selama kita di dunia kerja. Terus terang, saya masih semangat belajar namun sering terhambat akibat pekerjaan yang menumpuk padahal saya sudah mempunyai buku dan ebook lumayan banyak.

 Me too! Semangat belajar masih membara, downloadan e-book, pdf, dll dah banyak banget sampai harddisk penuh .. hehe. Tapi kadang di luar waktu kerja ga kebaca, karena macem-macem alasan.

Beberapa anggota milis memberikan tanggapannya. Cukup menarik juga membaca tips-tips yg mereka lakukan untuk tetep develop ditengah kesibukan bekerja. Ada satu tanggapan yang cukup menggelitik saya, dan sepertinya cukup efektif:

usahakan Jadi pengajar/ presenter …(buat anak buah kalau punya ,minta kesempatan presentasi hal2 baru didepan team kerja, atasan dll)…

Hmm, sepertinya ini cukup ampuh!, karena dengan jadi pengajar/presenter kita jadi ada deadline waktu untuk membuat pesiapan, slide, bahan2, dll; dan “kepaksa” untuk belajar. “Kepaksa” disini dalam arti positif lho, dan ga berarti harus belajar 24 jam sampai lupa istirahat dan lupa anak istri. Maksudnya dengan constraint waktu jadi kudu memanfaatkan waktu seefektif mungkin. Sesegera mungkin mengerti suatu bahan,  secepat mungkin menyiapkan, dan bisa membagi waktu utk hal-hal lain.

Jadi muncul ide untuk nyiapin presentasi tutorial/training nih. Ada macam-macam topik di benak saya:

  • Dasar C++ (dari jadul sampe sekarang progressnya ga keliatan, so ok deh kudu buat slide presentasi dalam minggu2 ini)
  • Otomasi dengan Simatic dan InTouch (kepaksa belajar karena si bos suruh kasih training … hehe)
  • Centum DCS

Yang Centum DCS sebenernya saya belom punya experience sama sekali. Menyentuh barangnya pun belum pernah. Tapi ga ada salahnya buat slide presentasi, dengan mengambil bahan-bahan dari websitenya Yokogawa. Karena suatu saat jika bekerja dengan Centumnya beneran udah ada gambaran. So shall give myself a goal to study …

Ok, back to work, harus kasih training pagi ini …